Wednesday 19 December 2012

Kegiatan sehari-hari in English

Kegiatan-Kegiatan Sobat yang dilakukan rutin sebagai kebiasaan  jika dikatakan dalam bahasa inggris harus menggunakan Simple Present Tense. Biasanya Kalau metode di sekolah pasti menggunakan rumus dulu kemudian baru contoh, tapi disini saya ingin memulai dari contoh dulu. check it out !!

I wake up/ get up at 5 everyday
saya bangun tidur pada pukul 5 setiap hari.
I make the bed
saya merapikan tempat tidur
I go to bathroom for washing my face, brushing my teeth and also doing ablution
saya pergi ke kamar mandi untuk mencuci muka, menggosok gigi dan juga berwudhu

I and my family do shubuh prayer together.
saya dan keluarga sholat shubuh bersama-sama
I take a bath and prepare to go school after dressing.
saya mandi dan bersiap-siap pergi ke sekolah setelah berpakaian
I feed my pet at the cage
saya memberi makan hewan peliharaan saya di kandang 
father reads a newspaper in the morning. 
ayah saya membaca koran di pagi hari
father washes a car and my big brother washes a motorcycle. 
Ayah mencuci motor dan kakak laki-laki saya mencuci motor
mother goes to traditional market for shopping groceries
ibu saya pergi ke pasar tradisional untuk belanja bahan makanan
mother buys vegetables, fruits, and meat.
ibu membeli sayur-sayuran, buah-buahan, dan daging
sometimes, my sister cooks fried rice at the kitchen.
kadang-kadang, saudara perempuan saya memasak nasi goreng di dapur
I do the dishes
saya mencuci piring
we have breakfast before leaving home
kami sarapan sebelum meninggalkan rumah
father drives a car and brother rides a motorcycle.
ayah mengendarai mobil dan kakak mengendarai motor
mother does household chores such as doing laundry, ironing clothes, sweeping and mopping the floor.
ibu mengerjakan pekerjaan rumah tangga seperi mencuci baju, meyetrika pakaian, menyapu dan mengepel lantai
I study math on wednesdays
saya belajar matematika di hari rabu
I have to do zuhur prayer when the break
saya harus sholat zuhur ketika waktu istirahat
I have a meatball for lunch
saya makan baso untuk makan siang 
my friends play a football with me in the field school
teman-teman saya bermain sepak bola bersama saya di lapangan sekolah
my father works in the office.
ayah saya bekerja di kantor
my father takes me up at 4 in the school
ayah saya menjemput saya pada pukul 4 di sekolah
we go back home after doing ashar prayer.
saya pulang ke rumah setelah sholat ashar
my sister watered the flowers and other plants
saudara perempuan saya menyirami bunga dan tanaman lainnya
we do maghrib prayer after sunset around 6 o'clock
kita sholat maghrib setelah matahari terbenam sekitar pukul 6
we eat  fried chickens and vegetables soup for dinner
kami makan ayam goreng dan sop sayur untuk makan malam
After doing isya prayer, I go to sleep
setelah sholat isya, saya pergi tidur

Udah bisa di tebakkan sobat, Rumusnya yaitu :
Subject + Verb 1 ( untuk subject = I, You, They, We )
Subject + Verb s/es ( untuk subject = She, He, It )
keterangan :
mother = she, father = he, i and family = we, my friends = they
Tanda waktu ( time markers ) yang biasa digunakan dalam simple present tense :
every ....misalnya : everyday (setiap hari ), everyweek ( setiap minggu ), every year ( setiap tahun )
always ( selalu ), never ( tidak pernah ), rerely ( jarang-jarang ), sometimes (kadang-kadang ), often (sering ), usually (biasanya)
On sundays ( setiap hari minggu ), On fridays (setiap hari jumat ), dsb.
In the morning (di pagi hari ), In the evening ( di malam hari )

Selamat belajar sobat , Salam Sukses !!

5 comments:

komentarnya orang-orang cerdas :