Sunday 17 January 2016

Manfaat Timun Suri untuk Kesehatan

Gambar
Timun suri atau mentimun suri dengan nama ilmiah cucumis sativus ini sebenarnya dapat ditanam kapan saja namun di Indonesia buah yang masih masuk suku cucurbitaceae (suku labu-labuan) lebih diminati pada bulan ramadhan dimana umat muslim berpuasa.Buah timun suri umumnya berbentuk lonjong dengan warna kulit kuning dan halus. Teksturnya sebenarnya mudah rusak kalo sudah matang, makanya harus hati-hati kalo menyimpan timun suri yang sudah matang. Aroma timun suri sangat harum dengan daging buah yang berwarna putih yang empuk (kalo sudah matang) dan memiliki kadar air yang cukup tinggi hampir 90%.
Manfaat Timun Suri
Buah ini tak hanya enak dibuat koktail buah, ternyata buah ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, diantaranya :
1. Serat di dalam timun suri mampu mencegah timbulnya kanker saluran pencernaan, seperti kanker usus dan kolon. Hal ini disebabkan sifat serat timun suri yang mengikat zat-zat karsinogen penyebab kanker yang ada di saluran pencernaan, seperti kanker usus dan kolon. Kandungan seratnya dapat menurunkan kadar kolesterol darah, sehingga bisa mencegah timbulnya penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung, stroke, hipertensi, dan diabetes melitus.
2. Timun suri juga kaya akan provitamin A, berfungsi menjaga kesehatan mata dan sebagai antioksidan alami pencegah rusaknya sel tubuh penyebab penuaan dini.
3. Vitamin C di dalam timun suri termasuk tinggi. Keberadaan vitamin C inilah yang dapat mencegah timbulnya gangguan penyakit flu dan infeksi serta sariawan. Hal ini disebabkan sifat vitamin C yang berfungsi sebagai anti virus dan pencegah infeksi.
4. Fluktosa dan glukosa yang terkandung dalam buah-buahan merupakan gula sederhana yang siap dipakai tubuh, sehingga hanya dalam beberapa menit tubuh akan segera memperoleh energi. bagus untuk berbuka puasa ^.^
5. Timun suri mengandung flavonoid dan polifenol yang berfungsi sebagai antiradang, juga asam malonat yang dapat mencegah agar gula tidak berubah menjadi lemak. Hal tersebut dapat membantu menurunkan berat badan.
6. Kandungan air yang sangat tinggi (hampir 90 persen) menyebabkan timun suri memiliki efek diuretic,, yaitu dapat memperlancar buang air kecil serta membantu menetralkan dan menghilangkan racun. Dengan demikian, timun suri bermanfaat untuk proses detoksifikasi (pembuangan racun).
7. Kandungan air dan mineral kalium dalam timun suri dapat mengeluarkan kelebihan asam urat dan sisa metabolism melalui ginjal serta mampu mengendalikan tekanan darah, cocok bagi penderita hipertensi
8. timun suri mengandung asam linoleat terkonjungsi yang bersifat antioksidan. Antioksidan berperan mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas, mencegah penyakit jantung, serta meluruhkan lemak.
9. Timun suri berisi saponin, sehingga kadang berasa pahit. Saponin adalah senyawa fitokimia yang terdapat dalam lender yang dikeluarkan timun suri, bermandaat sebagai antikanker, menurunkan kolesterol, dan meningkatkan daya tahan tubuh.
10. mineral esensial seperti kalsium, fosfor dan zat besi juga banyak terdapat di dalam timun suri.
Sumber :
http://yangragil.blogspot.com/2009/09/turunkan-hipertensi-dan-berat-badan.html
http://wiralodra.com/2009/08/timun-suri-buah-berkhasiat/

1 comment:

komentarnya orang-orang cerdas :